44 kesalahan orang shalat

44 keslahan orang shalat, yaitu:

1. Berjalan tergesa-gesa ke masjid mengejar ruku’

Berjalan dengan tergesa-gesa menuju masjid adalah perbuatan yang dilarang Rasulullah saw, beliau bersabda yang artinya:”
“Apabila shalat telah dimulai, maka janganlah kamu mendatanginya dengan tergesa-gesa. Namun datangilah dengan berjalan, dan kamu harus tenang. Lalu, apapun yang kalian dapatkan (bersama imam), maka shalatlah. Dan apa yang kalian tertinggal, maka sempurnakanlah”.


2. Mengucapkan niat

Syaikh bin Baz dalam fatwanya mengatakan, “Melafazkan niat adalah bid’ah dan mengeraskan dalam melafazkan lebih besar dosanya. yang disunahkan adalah, membaca niat dalam hati. Sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala mengetahui apa pun yang tersembunyi. Dialah Allah, yang berfirman, “Katakanlah, apakah kalianmemberitahukan Allah tentang perkara agamamu, sedangkan Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi?”

3. Imam yang selalu membaca basmalah dengan keras

Membaca basmalah dengan suara keras dalam shalat-shalat jahriyah (subuh, maghrib dan isya) bukanlah petunjuk dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, karena Rasul membacanya dengan suara pelan.

4. Memfasih-fasihkan bacaan

Ibnul Jauzi Rahimahullah berkata,”Iblis mengganggu orang yang shalat dalam pengucapan huruf dari makhrajnya”.

5. Kata-kata bid’ah yang diucapkan makmum saat imam membaca Al-Fatihah

Ada sebagian makmum , ketika imam membaca: iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in, mereka mengucapkan: ista’antum birobbil ‘arsyil azhim.

6. Terlalu panjang mengucapkan amin

7. Makmun tidak bareng dengan imam ketika mengucapkan AMIN

Rasulullah bersabda yang artinya”Jika imam membaca amin, maka bacalah amin olehmu. Karena siapa yang mengikuti ucapan amin sang imam, para malaikat juga mengucapkan amin. Dan Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.: ( HR. Al- Bukhari).

8. Tidak memakai pembatas

Abu said Al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, yang artinya,”Jika salah seorang di antara kamu mendirikan shalat, maka hendaknya ia shalat denagn pembatas dan mendekati pembatas itu.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

9. Berjalan di tengah jamaah yang sedang shalat

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, yang artinya:”Jika orang yang berjalan di depan seorang yang tengah mendirikan shalat mengetahui dosa apa yang diterimanya, maka alangkah lebih baik baginya i’tikaf empat puluh, dari pada ia berjalan di depan mereka.” (HR Al-bukhari 510)

10. Melipat (menyingsingkan) pakaian

Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Rasulullah bersabda yang artinya:”Aku diperintahkan untuk sujud dengan tujuh anggota tubuh(yang menyentuh lantai) dan melarangku agar tidak melipat baju atau rambutku.” (diriwayatkan oleh Muslim 1077)

11. Menjulurkan pakaian dan memanjangkannya (isbaal)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Rasulullah s.a.w,beliau bersabda yang artinya:”Bagian kaki yang tertutup kain di bawah mata kaki, akan disiksa di neraka.” (HR Al-Bukhari, 5787)

12. Tidak merapatkan dan meluruskan barisan/shaf

Beliau bersabda yang artinya:”Hai hamba Allah ! Luruskan shaf kalian atau Allah akan memperselisihkan di antara kalian.” (HR Muslim 950, kitab Shalat)

13. Meletakkan kedua tangan di bawah dada ketika berdiri dalam shalat

dari Wail bin Hujr r.a., ia berkata, “Aku shalat bersama Rasulullah saw, aku melihat beliau meletakkan tangan kanan di atas tangan kirinya, keduanya berada di atas dada.”

14. Menengadah ke langit (ke atas dalam shalat)

Dari Jabir bin Samurah r.a. , ia berkata: Rasulullah saw, bersabda yang artinya:”Jangan ada kaum yang mengangkat pandangan ke langit dalam shalat, atau jangan kembali lagi kepada mereka.”(diriwayatkan oleh Muslim 941 kitab Shalat)

15. Shalat menggunakan pakaian yang mengganggu konsentrasi jamaah atau pakaian bergambar

Beliau bersabda yang artinya:”Bawa tendaku ini kepada Abu Juham dan bawa kain yang ada pada Abu Juham,karena tadi aku terganggu dalan shalatku.” (riwayat Al-bukhari 373)

Keslahan ke-16: Memejamkan mata ketika shalat.

Kesalahan ke-17: Tidak thuma’ninah dalam shalat

Dari Ubadah bin Shamit r.a, ia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihiwa Sallam bersabda, yang artinya,” Lima macam shalat yang ditermia oleh Allah, (mereka itu) adalah: shalat seseorang yang menyempurnakan wudhu, shalat pada waktunya, menyempurnakan ruku’, menyempurnakan sujud dan yang shalat dengan khusu’. Allah berjanji untuk mengampuni (dosa mereka yang mendirikan shalat dengan lima kriteria di atas). Jika merteka tidak melakukan kelima hal di atas, Allah tidak akan memberikan apa-apa, jika Allah ingin maka akan menyiksa mereka, namun jika Allah berkehendak maka Allah akan mengampini dosa-dosa mereka. (HR Abu daud hlm. 425).

Kesalahan ke-18: Tidak meratakan punggung ketika ruku’

Rasulullah saw. Bersabda kepada orang yang keliru dalam shalatnya, yang artinya,”Apabila kamu ruku’, maka letakkan kedua telapak tanganmu di atas kedua lututmu, dan luruskan punggungmu dan sempurnakan ruku’mu.” (hadis shahih diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud).

Kesalahan ke-19: tidak thuma’ninah ketika bangkit dari ruku’

Dalam kondisi berdiri dari ruku’ rasulullah saw. Memerintahkan kami untuk berdiri sejenak (thuma’ninah), beliau berkata pada orang yang salah dalam shalat: Angkat kepalamu sampai berdiri dengan sempurna, agar setiap sendi berada pada posisinya.”

Kesalahan ke-20: Makmum tidak membaca’sami’allahhu limah hamidah”

Kesalahan ke-21: Sujud yang diawali dengan dua lutut

Hadis Rasulullah saw. Yang diriwayatkan oleh Al Bukhari bahwa Rasulullah bersabda yang artinya;”Apabila kamu sujud, maka jangan meletakkan lutut terlebih dahulu seperti anak unta, namun letakkanlah kedua telapak tangan sebelum kedua lutut.” (Hadis shahih diriwayatkan Ahmad jilid II hlm. 381).

Kesalahan ke-22: Tidak menempelkan hidung ke lantai ketika sujud

Rasulullah bersabda, yang artinya,”Orang yang tidak menyentuhkan hidungnya ke lantai tidak dianggap shalat.” (HR Al-Hakim jld I hlm. 270)

Kesalahan ke23: Tidak menghadapkan jemari kaki ke arah kiblat ketika sujud

Kesalahan ke24: Menjauhkan kedua telapak kaki di saat shalat

Sabda Rasulullah saw.”Tempelkanlah badan kalian ketika berbaris dalan shaf-shaf.”

Kesalahan ke-25: Tidak thuma’ninah ketika duduk di antara dua sujud

Rasulullah saw. Bersabda yang artinya,”Bersujudlah sehingga engkau berthuma’ninah dalam sujud, dan bangunlah dari sujudmu, sehingga engkau berthuma’ninah dalam duduk.” (Hadis Muttafaq Alaih)

Kesalahan ke-26: Meninggalkan duduk istirahat (sebelum rakaat kedua dan keempat)

Kesalahan ke-27: Tidak bertumpu pada kedua tangan ketika bangun dari sujud

Kesalahan ke-28: Tidak membaca tahiyat dengan sempurna pada tasyahud pertama

Kesalahan ke 29: Mengangkat jari tangan hanya pada saat mengucap dua syahadat dalam tahiyyat

Kesalahan ke-30: Menambah kata “sayyidina” ketika menyebut rasulullah dalam tasyahud dan adzan

Rasulullah saw. telah bersabda, yang artinya;” Shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat”.

Kesalahan ke-31: Isyarat dengan kedua tangan ketika memberikan salam dalam shalat

Kesalahan ke-32: Miring sedikit ke arah kiri dan kanan ketika salam

Kesalahan ke-33: Mendahului imam dalam ruku’ dan sujud

Beliau bersabda yang artinya,” Wahai manusia, aku adalah pemimpin kalian, maka kalian jangan mendahuluiku baik dalam ruku’, sujud, bardiri, ataupun meninggalkan tempat shalat. Karena sesungguhnya aku melihat kalian di depanku dan di belakngku.”(HR Muslim 936)

Kesalahan ke -34: Memalingkan wajah dalam shalat

Kesalahan ke-35: Membiarkan pakaian tergerai ke bawah menutup mulut dalam shalat

Kesalahan ke-36: Selalu membaca qunut setiap shalat subuh

Kesalahan ke-37: Menarik seseorang dari shaf depan untuk menemani makmum yang sendirian di belakang

Keslahan ke-38:membaca Al-Qur’an ketika ruku, dan sujud

Rasulullah saw. Bersabda yang artinya,”Bukankah aku telah melarang untuk membaca Al Quran ketika ruku’ dan sujud. Maka dalam ruku’, agungkanlah Tuhan Azza wa Jalla, dan dalam sujud berijtihadlah dengan berdoa. Maka sewajarnya (qamin) doa tersebut dikabulkan.” (HR Muslim 1056)

Kesalahan ke-39: Berdoa setelah mengucapkan salam dan mengusap muka di akhir shalat

Kesalahan ke-40: Berdoa bersama adalah bid’ah

Kesalahan ke-41: Mengusap kedua tangan setelah berdoa

Kesalahan ke-42: Membaca tasbih dengan menggerakkan tangan kiri dan putaran tasbih

Rasulullah saw. Bersabda yang artinya,”Bacalah tasbih, tahlil, taqdis (menyucikan Allah), dan hitunglah dengan jari jemarimu, sebab jari jemarimu itu nanti akan dipertanggungjawabkan dan akan menjadi saksi.”

Kesalahan ke-43: Bid’ah berjabat tangan setelah salam

Kesalahan ke-44: Bid’ah sujud yang dilakukan Mushalli setelah selesai shalat

Sumber:44 Kesalahan Orang Shalat karya: Syaikh Muhammad Bayumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: