Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 9

Bulbul Mukhtar

*
* Meraih Ridho Allah SWT dan Syafa’at Rasulullah SAW

*
* Beranda »
* Profil »
* Agenda »
* Artikel »
o » Fiqih
o » Tasawuf
o » Kisah Islami
o » Profil Ulama
o » Umum
* Download »
* Galeri Foto »
* Hubungi Kami »
*
*

31 Desember 2011, 11:16:11
Minggu, 16 Oktober 2011 – 23:33:11 WIB
Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 9
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum – Dibaca: 98 kali

Hadits ke-15

Dari Abdullah bin Abbas r.a berkata, Rasulullah saw bersabda, “Seseorang yang tidak ada sedikit pun al Quran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong.” (Hr.Tirmidzi)

Diumpamakan dengan rumah kosong mempunyai maksud yang halus, seperti dikatakan dalam pribahasa , “otak manusia yang kosong adalah tempat syetan bekerja” (Maksudnya, syetan dapat menguasai rumah yang kosong). Begitu pula dengan hati yang tidak ada al Quran di dalamnya akan dikuasai dan digoda oleh syetan. Hadits ini menerangkan bahwa menghafal al Quran dapat mengisi hati sehingga tidak seperti rumah yang di tinggal dalam keadaan kosong. Abu Hurairah r.a berkata, “Rumah yang didalamnya di bacakan al Quran, maka akan dipenuhi kebaikan dan keberkahan bagi ahli rumah itu. Sedangkan rumah yang tidak dibacakan al Quran didalamnya, maka keberkahan akan hilang, malaikat akan meninggalkan rumah itu, dan sebagai gantinya syetan akan datang. Ibnu Mas’ud r.a dan beberapa orang sahabat telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Rumah yang kosong adalah rumah yang didalamnya tidak ada yang membaca al Quran yang mulia.”

Hadits ke-16

Dari Aisyah r.a berkata, Rasulullah saw bersabda, “Membaca al Quran di dalam shalat lebih utama dari pada di luar shalat, membaca al Quran di luar shalat lebih utama dari pada tasbih dan takbir, tasbih lebih utama daripada sedekah, sedekah lebih utama daripada puasa dan puasa adalah penghalang dari api neraka.” (Hr.Baihaqi-Syu’abul Iman)

Kemuliaan membaca al Quran dibandingkan dzikirullah adalah jelas karena al Quran merupakan firman Allah. Telah disebutkan sebelum ini, bahwa kemulian kalamullah diatas segala perkataan, bagaikan kemuliaan Allah diatas semua makhluk-Nya. Kemuliaan dzikirullah dari pada sedekah telah banyak diterangkan dalam beberapa hadits lain. Tetapi keutamaan sedekah daripada puasa yang disebutkan dalam hadits ini seolah-olah bertentangan dengan hadits lain yang menyatakan bahwa puasa adalah lebih utama dari pada sedekah. Perbedaan ini bergantung kepada keadaan manusia dan suasana kehidupan mereka. Menurut hadits ini puasa ditempatkan paling akhir. Apabila puasa saja dikatakan sebagai penghalang dari api neraka, maka bagaimanakah rahmat yang diberikan kepada orang yang membaca al Quran.

Penulis kitab ihya meriwayatkan dari Ali karramallahu wajhahu bahwa bagi orang yang membaca al Quran dalam keadaan shalat sambil berdiri, maka dari setiap huruf al Quran yang dibacanya akan memperolah seratus kebaikan, lima puluh kebaikan diberikan kepada orang yang membacanya ketika shalat sambil duduk, dua puluh kebaikan diberikan kepada orang yang membacanya dalam keadaan berwudhu diluar shalat, sepuluh kebaikan diberikan kepada orang yang membacanya tanpa berwudhu diluar shalat, dan satu kebaikan diberikan untuk mereka yang mendengarkan dengan sungguh-sungguh walaupun tidak membacanya, karena setiap huruf yang ia dengar akan diganti dengan satu kebaikan.

Hadits ke-17

Dari Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah saw bertanya kepada kami, “Sukakah salah seorang diantara kamu apabila kembali kerumahnya mendapati tiga ekor unta betina yang hamil dan gemuk.” Kami menjawab, “Tentu kami menyukainya.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “tiga potong ayat yang kamu baca dalam shalat adalah lebih utama daripada tiga ekor unta betina yang hamil dan gemuk.” (Hr.Muslim)

Sebagaimana dikemukakan dalam hadits ke-3 yang telah lalu, hadits ini pun menerangkan bahwa membaca al Quran didalam shalat pahalanya lebih utama daripada membacanya diluar shalat. Mengapa dibandingkan dengan unta yang hamil? karena mempunyai dua keutamaan ibadah, yaitu shalat dan membaca al Quran. Dalam hadits tersebut, bahwa hal ini hanyalah sekedar memperbandingkan, sedangkan pahalanya yang kekal adalah jauh lebih bernilai daripada beribu-ribu unta yang hamil.

Hadits ke-18

Dari Aus Atstsaqafi r.a meriwayatkan dari kakeknya bahwa Rasulullah saw bersabda, “Membaca al Quran dari hafalan mendapat seribu derajat pahala, sedangkan membaca al Quran dengan melihat mushaf mendapatkan dua ribu derajat.” (Hr.Baihaqi)

Mengenai keutamaan-keutamaan seorang hafizh telah dikemukakan sebelumnya. Tetapi dalam hadits ini diterangkan bahwa membaca al Quran dengan melihat mushaf lebih utama?Karena membaca al Quran dengan melihat mushaf kita dapat memikirkan maknanya, juga kita mendapat beberapa keutamaan dari segi ibadah lainnya, seperti melihat al Quran, memegangnya dan lain-lain.Hal inilah yang menyebabkan membaca al Quran dengan melihat mushaf dikatakan lebih utama.

Adanya perbedaan megenai maksud-maksud hadits di atas telah menimbulkan perbedaan pendapat dikalangan para ulama. Manakah yang lebih utama, apakah seorang yang membaca al Quran dengan hafalan, atau kah orang yang membaca al Quran dengan melihat mushaf? Akan tetapi dengan merujuk kepada hadits di atas, sebagian ulama berpendapat bahwa membaca al Quran dengan melihat mushaf adalah lebih utama, karena mata kita senantiasa melihat al Quran sehingga terhindar dari kesalahan dalam pembacaannya. Sebagian ulama lagi berpendapat, bahwa membaca al Quran dengan hafalan adalah lebih utama, karena akan lebih khusyu’ dan terjauh dari sifat riya, dan ini adalah kebiasaan Rasulullah saw . Imam Nawawi rah.a memutuskan, bahwa kedua-duanya adalah baik dan utama, tergantung kepada diri kita sendiri.Sebagian orang dapat lebih berkonsentrasi jika membacanya dengan melihat mushaf, sementara sebagian yang lain merasa lebih dapat berkonsentrasi dengan membaca dari hafalannya. Hafizh Ibnu Hajar rah.a mendukung pendapat ini seperti yang dituliskan dalam kitab fathul -Bari.Diceritakan bahwa Utsman r.a karena seringnya membaca al Quran sehingga dua kitab al Quran menjadi lusuh. Amir bin Maimun rah.a menyatakan didalam kitabnya syarhul ihya, bahwa jika seseorang membuka lembaran al Quran setelah shalat shubuh dan membaca seratus ayat, maka akan mendapat pahala sebanyak isi dunia.

Dikatakan juga bahwa melihat mushaf ketika membaca al Quran adalah bermanfaat bagi penglihatan. Abu Ubaidah r.a meriwayatkan satu hadits yang panjang yang setiap perawinya menyatakan bahwa mereka mengalami gangguan penglihatan, lalu gurunya menasehati mereka supaya membaca al Quran dengan cara melihatnya. Imam Syafi’i rah.a selalu membuka al Quran setelah shalat isya dan baru menutupnya ketika menjelang waktu subuh. (Sumber Buku Himpunan Kitab Fadhail Amal Hal : 360-363)

* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 8
* Bagaimana menjadi wali bag. 2
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 7
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 6
* Bagaimana menjadi wali bag. 1

0 Komentar :

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar

(Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi tanganmu dengan rizki.
* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi hatimu dengan kekayaan.
* Jika seseorang memperhatikanmu hanya sekedar basa basi, maka tinggalkanlah dan jangan kau sesali
* Wahai dunia, barangsiapa melayanimu, jadikanlah ia pelayanmu. Hadits Qudsi
* jangan kalian menjauhkan diri dari-Ku. Nanti hatimu penuh kemiskinan dan tanganmu sarat kesibukan

Statistik User

068680
Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 22192
Hits hari ini : 150
Total Hits : 68680
Pengunjung Online : 1

Polling

Apa Majlis Favorit Anda ?

Rasulullah SAW
Ahbabul Musthofa
Nurul Musthofa

Lihat Hasil Poling

Special Thank’s To Mr. Lukmanul Hakim (Lokomedia) for him CMS. Good Luck For Him.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: