Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 8

Hadits ke 13

Ali r.a berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa membaca al Quran dan menghafalnya, menganggap halal apa yang di halalkan di dalam al Quran , dan menganggap haram apa yang diharamkannya, maka Allah swt akan memasukkannya kedalam Syurga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafaat kepada sepuluh orang ahli keluarganya yang akan dicampakkan kedalam neraka.”(Hr.Ahmad dan Tirmidzi)

Dengan rahmat Allah, setiap mukmin dijamin oleh Allah untuk memasuki surga, meskipun akan diazab terlebih dahulu karena dosa-dosanya. Seorang hafizh diberi keutamaan dengan memasuki surga awal dan ia diizinkan untuk memberi syafaat kepada sepuluh orang islam dari keluarganya yang banyak berbuat dosa, bahkan orang yang fasik sekalipun. Tetapi bagi orang kafir, syafaat itu tidak ada .Allah swt berfirman:

“Sesungguhnya orang yang menyekutukan Allah, maka Allah mengharamkan surga baginya dan tempatnya adalah Jahanam. Dan tidak ada bagi orang-orang zhalim seorang penolong pun” (Qs.al Maidah ayat 72)

Tidak patut bagi nabi dan orang-orang beriman memohonkan ampunan kepada Allah bagi orang-orang musyrikin, (walaupun mereka kerabatnya)” (Qs.at Taubat ayat 113)

Ayat al Quran diatas jelas sekali menyatakan, bahwa orang-orang musyrik tidak akan diampuni. Syafaat dari para Hafizh hanya diperuntukkan bagi orang-orang islam saja yang karena dosa-dosanya mereka dicampakkan kedalam neraka. Oleh karena itu, barang siapa yang ingin selamat dari api neraka, sedangkan ia bukan seorang hafizh dan tidak dapat menghafal al Quran ,hendaklah menjadikan sekurang-kurangnya satu orang dari keluarganya sebagai hafizh, di samping ia harus memelihara dirinya dari perbuatan dosa. Dengan syafaat darinya ia akan diselamatkan dari azab neraka akibat dosa yang telah dilakukannya.

Bersyukur kepada Allah swt yang merahmati seseorang (maksudnya adalah penulis buku ini Maulana Zakaria rah.a) yang bapaknya, pamannya juga neneknya dan kakeknya baik dari ibu maupun bapak, semuanya adalah hafizh Quran .Semoga Allah merahmatinya dengan kenikmatan yang lebih banyak lagi.

Hadits ke-14

Dari Abu Hurairah r.a berkata , Rasulullah saw bersabda, “Belajarlah al Quran dan bacalah ia, karena orang yang belajar al Quran, membacanya dan menyebutnya di dalam shalat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka yang penuh dengan kasturi,baunya semerbak merebak ke seluruh tempat, dan seseorang yang telah belajar al Quran tetapi tidur sementara al Quran berada dalam hatinya, adalah seumpama wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup.” (Hr.Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah , dan Ibnu Hiban)

Seseorang yang belajar al Quran dan menjaganya kemudian terus menerus membacanya di dalam shalat tahajjud, bagaikan botol kasturi yang terbuka tutupnya, harumnya semerbak memenuhi rumah itu.Dalam keadaan yang sama, seluruh rumah juga dipenuhi dengan nur dan keberkahan disebabkan bacaan al Quran seseorang hafizh. Apabila seorang hafizh tidur dan tidak membaca Al-Quran karena lalai, sementara al Quran yang ada dalam hatinya masih tetap semerbak bagaikan kasturi, tetapi karena kelalaiannya, nur dan keberkahan itu akan terhalang dan tidak menyebar kepada orang lain. meskipun demikian, dalam hatinya masih terdapat kasturi dari Al Quran. (Sumber Himpunan Kitab Fadhail Amal Hal : 358-360)

* Bagaimana menjadi wali bag. 2
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 7
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 6
* Bagaimana menjadi wali bag. 1
* Rasulullah SAW. Memperingatkan Umar R.A dengan kehidupan beliau yang zuhud.

0 Komentar :

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar

(Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi tanganmu dengan rizki.
* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi hatimu dengan kekayaan.
* Jika seseorang memperhatikanmu hanya sekedar basa basi, maka tinggalkanlah dan jangan kau sesali
* Wahai dunia, barangsiapa melayanimu, jadikanlah ia pelayanmu. Hadits Qudsi
* jangan kalian menjauhkan diri dari-Ku. Nanti hatimu penuh kemiskinan dan tanganmu sarat kesibukan
* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi tanganmu dengan rizki.

Statistik User

068678
Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 22192
Hits hari ini : 148
Total Hits : 68678
Pengunjung Online : 1

Polling

Apa Majlis Favorit Anda ?

Rasulullah SAW
Ahbabul Musthofa
Nurul Musthofa

Lihat Hasil Poling

Special Thank’s To Mr. Lukmanul Hakim (Lokomedia) for him CMS. Good Luck For Him.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: