Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 15

Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 15
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum – Dibaca: 100 kali

Hadits Ke. 31

Dari Uqbah bin Amir r.a berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Quran dengan suara keras adalah seumpama seorang yang memberikan sedekahnya secara terang-terangan dan seorang yang membacanya dengan suara perlahan adalah seumpama seorang yang memberikan sedekahnya secara sembunyi-sembunyi (Hr. Tirmidzi, Abu Daud, Nasai dan Hakim)

Kadangkala memberikan sedekah secara terang-terangan itu lebih utama agar menjadi teladan bagi orang lain. tetapi dalam keadaan tertentu, memberikan sedekah secara diam-diam adalah lebih utama, agar terhindar dari sifat riya atau merendahkan orang lain.

demikian juga dalam membaca Al-Quran. terkadang membacanya dengan suara keras itu lebih baik apabila niatnya untuk menggalakkan orang lain supaya membacanya, disamping itu bagi yang mendengarnya juga akan mendapat ganjaran, tetapi pada keadaan tertentu, membacanya dengan suara perlahan adalah lebih utama agar tidak mengganggu orang lain atau untuk menghindari sifat menunjuk-nunjukan (riya). kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan sendiri. berdasarkan hadits diatas, banyak orang berpendapat bahwa membacanya secara perlahan adalah lebih utama. imam Baihaqi r.a dalam kitab asy-Syuab telah menulis, “Aisyah r.a telah meriwayatkan bahwa satu amal kebaikan jika dilakukan secara sembunyi-sembunyi akan mendapat ganjaran tujuh puluh kali lebih utama daripada yang dilakukan secara terang-terangan. tetapi menurut pendapat sebagian ahli hadits, hadits ini adalah dhaif.

Jabir r.a meriwayatkan, Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah membacanya dengan suara keras sehingga suara seseorang bercampur baur dengan suara yang lainnya.” Umar bin Abdul Aziz mendapati seseorang sedang membaca Al-Quran dengan suara keras didalam Masjid Nabawi, Lalu beliau menghentikannya. pembaca itu mencela beliau, lalu Umar bin Abdul Aziz berkata, “Jika kamu membacanya karena Allah, bacalah dengan suara perlahan dan jika kamu membacanya karena manusia, maka bacaan yang demikian itu tidak memberikan manfaat apa-apa.”

Demikian juga mengenai perintah Rasulullah saw. agar membaca Al-Quran dengan suara keras telah diriwayatkan dalam beberapa Hadits.

Dalam Kitab Syarah Ihya banyak riwayat yang menerangkan kedua hal diatas, demikian juga atsar (kata-kata para sahabat) ada yang menyuruh membaca Al-quran dengan keras dan ada juga yang menyuruh membacanya dengan suara perlahan.

Hadits ke 32

Dari Jabir r.a berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Al-Quran adalah pemberi syafaat yang syafaatnya diterima dan sebagai penuntut yang tuntutannya dibenarkan. Barangsiapa menjadikan Al-quran didepannya, maka ia akan membawanya ke Surga dan barangsiapa meletakkannya di belakang, ia akan mencampakkannya kedalam neraka.” (Hr. Ibnu Hibban dan Hakim)

Maksud Hadits ini adalah, bahwa Al-Quran dapat memberi syafaat bagi siapa saja dan syafaatnya diterima oleh Allah Swt. dan siapa yang dituntutnya, maka hal ini telah dijelaskan dalam hadits ke-8 yang lalu. bagi yang memperhatikan Al-Quran, maka Al-Quran akan memohon kepada Allah agar meninggikan derajat meraka. dan mereka yang berpaling dari Al-Quran, akan dituntut olehnya, mengapa hak-haknya tidak ditunaikan.

Apabila seseorang meletakkan Al-quran dihadapannya, yaitu dengan menaati perintahnya dan beramal dengannya sepanjang hidup, maka Al-quran akan menyampaikannya ke surga. sebaliknya, seseorang yang membelakangi Al-Quran, yakni tidak mengikutinya, maka Al-Quran akan mencampakkan dirinya kedalam neraka. menurut penulis kitab ini juga, bahwa bersikap acuh tak acuh terhadap Al-quran adalah termasuik membelakangi Al-Quran.

dalam beberapa Hadits banyak sekali ditemui ancaman bagi orang-orang yang tidak memperdulikan firman Allah. dalam kitab Shahih Bukhari ada sebuah hadits yang panjang yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda. “Allah telah memperlihatkan gambaran sebagian azab yang diterima orang-orang yang berdosa. salah satunya diperlihatkan kepada beliau seseorang yang sedang dipukuli kepalanya dengan batu dengan pukulan yang sangat keras sehingga kepalanya hancur.” ketika hal itu ditanyakan oleh Rasulullah saw. maka beliau diberitahu, bahwa Allah telah mengajarkan perkataan yang mulia kepada orang tersebut, tetapi sedikit pun ia tidak membacanya diwaktu malam dan tidak beramal dengannya diwaktu siang. Azab seperti akan terus menerus diterimanya sampai hari Kiamat. Semoga Allah memberi rahmat-Nya dan melindungi kita dari azab-Nya.

pada dasarnya Al-Quran yang suci ini adalah satu nikmat yang besar dan orang yang tidak peduli terhadapnya akan menerima balasan yang setimpal. (Sumber Kitab Fadhail Amal Hal 383-385)

* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 14
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 13
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 12
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 11
* Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 10

0 Komentar :

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar

(Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi tanganmu dengan rizki.
* luangkan waktu tuk beribadah kepada-Ku. Nanti Ku penuhi hatimu dengan kekayaan.
* Jika seseorang memperhatikanmu hanya sekedar basa basi, maka tinggalkanlah dan jangan kau sesali
* Wahai dunia, barangsiapa melayanimu, jadikanlah ia pelayanmu. Hadits Qudsi
* jangan kalian menjauhkan diri dari-Ku. Nanti hatimu penuh kemiskinan dan tanganmu sarat kesibukan

Statistik User

068695
Pengunjung hari ini : 50
Total pengunjung : 22193
Hits hari ini : 165
Total Hits : 68695
Pengunjung Online : 2

Polling

Apa Majlis Favorit Anda ?

Rasulullah SAW
Ahbabul Musthofa
Nurul Musthofa

Lihat Hasil Poling

Special Thank’s To Mr. Lukmanul Hakim (Lokomedia) for him CMS. Good Luck For Him.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: