Empat Puluh Hadits Tentang Fadhilah Al-Quran Bag. 1

Hadits ke-1

Dari Usman r.a . berkata,Rasulullah saw bersabda, “Orang yang terbaik diantara kamu ialah yang belajar al Quran dan mengajarkannya.” (Hr.Bukhari,Abu Dawud,Tirmidzi, dan ibnu Majah.)

Pada kebanyakan kitab hadits, hadits ini dinyatakan dengan huruf “wa” (yang artinya dan), yakni belajar “dan” mengajar sebagaimana tersebut diatas. Dengan demikian, maka ganjaran terbesar adalah bagi siapa yang belajr al Quran yang mulia dan mengajarkannya kepada orang lain. Tetapi dalam sebagian kitab hadits yang lain, hadits ini diriwayatkan dengan huruf ‘au ‘ (yang artinya atau) dalam hal ini maknanya adalah ‘yang terbaik diantara kamu ialah yang belajar al Quran atau mengajarkannya.’ Dengan mengikuti hadist ini, maka ganjarannya yang diperoleh oleh keduanya sama saja, apakah ia belajar untuk dirinya sendiri ataupun mengajarkannya kepada orang lain.

Al quran adalah dasar dari agama islam, maka menjaganya serta menyebarkannya tergantung kepada keyakinan ini. Dengan demikian keutamaan belajar Al Quran dan mengajarkannya telah diketahui dengan jelas, tidak perlu penerangan lebih lanjut.

Walau bagaimanapun terdapat tingkatan kebaikan yang berlainan.Yang terbaik adalah mempelajari al Quran berikut maknanya dan maksudnya, sedangkan sekurang-kurangnya adalah belajar mengenal lafazh-lafazhnya saja.

Hadits di atas diperkuat oleh hadits lain yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Sulaiman r.a Katanya Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa telah mendapat ilmu mengenai Al-Quran tetapi masih menganggap bahwa orang lain yang memberi sesuatu selain al Quran adalah lebih baik darinya, berarti dia telah menunjukan sikap merendahkan terhadap rahmat Allah yang dikaruniakan kepadanya sehingga ia dapat mempelajari Al Quran.”

Dengan demikian jelaslah, karena Al Quran adalah perkataan-perkataan Allah swt maka ia adalah yang tertinggi dari segala sesuatu, sebagaimana yang dinyatakan dalam beberapa hadits yang akan dikemukakan kemudian membaca Al Quran dan mengajarkannya mestilah lebih agung dari segalanya Mulla Ali Qari mengutip sebuah hadits yang menyatakan bahwa barangsiapa memperoleh ilmu al Quran berarti ia menyimpan ilmu kenabian di kepalanya.Sahl Tastari rah.a berkata “Bukti cinta kepada Allah diwujudkan dengan cinta terhadap perkataan-perkataan-Nya di dalam hati seseorang.”

Dalam syarah ihya disebutkan bahwa golongan orang yang akan diberi perlindungan di bawah lindungan ‘Arsy (kursi Allah) pada hari kiamat salah satunya adalah orang yang mengajarkan Al Quran kepada anak-anak orang islam dan mereka yang belajar al Quran pada masa kecil serta terus menerus membacanya hingga dewasa dan dapat menjaganya sampai tua.

Hadits ke-2

“Dari Abu Sa’id r.a berkata,Rasulullah saw bersabda , “Allah berfirman ‘Barang siapa yang disibukkan oleh al Quran hingga tidak ada waktu untuk berdzikir kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka Aku akan mengaruniakan kepadanya sesuatu yang lebih utama dari pada yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon kepada-Ku. Keutamaan kalam Allah diatas seluruh perkataan adalah seumpama kemuliaan Allah diatas seluruh makhluk-Nya.” (Hr.Tirmidzi)

Ketinggian kalam Allah di atas segala perkataan adalah seumpama ketinggian Allah di atas segala ciptaan-Nya (makhluk). Dengan kata lain, orang yang sibuk belajar al Quran atau menghafal dan memahaminya sehingga dia tidak mempunyai waktu untuk berdoa, akan memperoleh ganjaran yang lebih utama dibandingkan dengan orang-orang yang memohon Rahmat Allah.

Sudah kita ketahui bersama, bahwa apabila seseorang ditugaskan untuk membagi-bagikan kue atau sesuatu kepada orang lain, maka sebagian akan disimpan untuk orang yang tidak hadir karena tugasnya membagi bagikan yang diberikan oleh pemiliknya. Dalam hadits lain yang semakna dengan hadits di atas dinyatakan bahwa Allah akan mengaruniakan kepada orang tersebut ganjaran yang lebih utama daripada yang Dia berikan kepada hamba-Nya yang selalu bersyukur.(Sumber : Himpunan Kitab Fadhail Amal Hal : 337-338)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: