Atasi wasir

Tips Mengatasi Wasir

sumber gambar Hemoroid Khalayak pada umumnya sudah sangat mengenal wasir atau Hemoroid (haemorrhoids). Meski tergolong penyakit tidak berbahaya, wasir tak urung membuat resah bagi yang mengalaminya. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus). Demikian pula ketika darah segar menetes-netes dari dubur, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi.

:: :: :: PENGERTIAN :: :: ::
Wasir atau hemoroid adalah membengkaknya jaringan dinding dubur (anus) yang mengandung pembuluh darah balik (vena). Penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan adakalanya tidak menunjukkan keluhan. Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi 2 jenis, yakni hemoroid interna dan hemoroid eksterna.

:: :: :: FAKTOR PENCETUS :: :: ::
Pada dasarnya wasir ditimbulkan oleh tekanan rongga perut (abdomen) berkepanjangan yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan pembengkakan jaringan di dinding dubur. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang sering mengejan, wanita hamil dan pekerja berat (angkat-angkat berat).

Beberapa faktor pencetus timbulnya wasir, diantaranya:

* Sembelit (konstipasi). Kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan saat buang air besar. Kondisi ini lambat laun dapat memicu timbulnya wasir.
* Wanita hamil. Dalam keadaan hamil, tekanan rongga perut meningkat lantaran ada janin dalam kandungan. Tak jarang diikuti konstipasi, yang berpotensi menderita wasir. Kondisi yang sama dapt dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejan.
* Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

:: :: :: TANDA-TANDA :: :: ::
Pada umumnya, wasir mudah dikenali terutama jika penderita menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

* Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
* Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.
* Tetesan darah segar dari dubur.
* Benjolan lunak di permukaan dubur. Pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk.
* Kendati tanda-tanda wasir mudah dikenali, tidak semua penderita wasir menunjukkan adanya keluhan.

:: :: :: TIPS MENGATASI WASIR :: :: ::
Agar tidak bertambah berat, para penderita wasir perlu memperhatikan beberapa tips sebagai berikut:

* Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri dan menjaga kebersihan dubur selama sekitar 15 menit, setidaknya 2-3 kali dalam sehari.
* Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur.
* Menghindari minuman beralkohol agar kotoran tidak keras.
* Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari.
* Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi perlukaan.
* Jangan membiasakan menahan buang air besar dan jangan pula memaksa untuk buang air besar.
* Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat buang air besar, misalnya sambil membaca, karena kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan di daerah dubur.
* Olah raga teratur.
* Gunakan obat antihemoroid sesuai anjuran dokter

Semoga bermanfaat

Topik Terkait :

* haemorrhoids mh
* haemorrhoids emed

:: 04 Agustus 2007 ::
Rate this:
Share this:

* StumbleUpon
* Digg
* Reddit
*

Like this:
Suka
Be the first to like this post.
452 Tanggapan ke “Tips Mengatasi Wasir”
Pengumpan untuk Entri ini Alamat Jejakbalik

1.
1 almascatie Agustus 4, 2007 pukul 1:08 am

sering duduk mengakibatkan wasir ga cak? katanya orang2 sih gitu… atawa sering naek motor🙂
*info penting lagi🙂 makasih cak*
2.
2 vend Agustus 4, 2007 pukul 10:11 am

klo buat mencegah gimana cak?
3.
3 peyek Agustus 4, 2007 pukul 10:56 am

Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi perlukaan

wah, kalo ini namanya kurnak cak!
4.
4 sibermedik Agustus 4, 2007 pukul 12:11 pm

cak kalo dibiarin bisa jadi Predisposisi Ca.Rectum kan?
coz area yg mengalami hipertrofi lebih rentan terkena trauma yg bisa menyebabkan kelainan selulair..tu bsa mnyebabkan metabolisme sel yg hiperplasi terganggu..(inget pelajaran Patologi Anatomi/Histo PA)..

tapi sebaiknya njelasinnya sperti ca moki aja..coz orang awam gak bakal ngerti Gen p57 or else..he..he..

Maklum..sekarang gaya pendidikan KIPDI kesannya: ” Lulus Sekolah Untuk Sekolah Lagi…” bukan untuk siap mengaplikasikan ilmu..(bekerja)..harusnya balance…

next time bahas soal Peraturan UU ttg prosedur tetap Tenaga Kesehatn Post Sumpah Dokter ya…
5.
5 kakilangit Agustus 4, 2007 pukul 1:47 pm

cak, kalo aku sering situp sama push up.kira2 itu bisa nyebapin wasir ga?

Olah raga teratur.

oiya, olahraga apa yang aman bagi penderita wasir atau untuk mencegah wasir?

matur suwon cak…
6.
6 mansup undercover Agustus 4, 2007 pukul 2:57 pm

*tengok kanan kiri, klik kanan – save as*

Kabuuurrr…………
7.
7 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 4:14 pm

@ almascatie,
ya, itu juga bisa Om

@ vend,
He-eh makasih, tips diatas kombinasi keduanya.

Yang mencegah:
(a) Mengkonsumsi makanan berserat, (b)Menghindari minuman beralkohol, (c) Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari, (d) Jangan membiasakan menahan buang air besar dan jangan pula memaksa untuk buang air besar, (e) Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat buang air besar,(F) Olah raga teratur.

@ peyek,
hahaha, gak betah gatelnya kali cak

@ sibermedik,
Kalo dijelentrehkan bisa begitu, khususnya yg stadium 4, namun prosentasenya kecil.

Sumpah dokter?
itemnya pendek-pendek tuh, dan akhirnya tergantung individu.
Btw, usul bagus … dan Insya Allah nyusul (mbuh kapan😀 )

@ kakilangit,
itu (push-up, sit-up) ga ngaruh, bagus tuh spy fit🙂
Hampir semua olahraga aman kecuali yg mengejan seperti angkat besi, angkat berat, dan sejenisnya.

@ mansup undercover,
hehehe, maaf ga sempat versi PDF
8.
8 deking Agustus 4, 2007 pukul 4:25 pm

Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran…

Wasir kan membengkaknya jaringan dinding anus, lantas lendir itu berasal dr mana ya cak? Apakah dari luka di dinding anus atau dari dalam perut?
9.
9 gies Agustus 4, 2007 pukul 5:53 pm

betul gk sih Cak kalau makanan seperti kambing, sambal,dan nenas
juga pencetus wasir ini?

waah, gk boleh baca sambil nongkrong di toilet lagi neh😦
10.
10 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 5:56 pm

@ deKing,
bener mas, dari luka di dinding anus🙂 *kompak, tosss*
11.
11 Roffi Agustus 4, 2007 pukul 6:03 pm

wah ga enak deh wasir..

*baru sembuh dari penyakit wasir, seumur² baru sekarang kena*
12.
12 penggalih Agustus 4, 2007 pukul 6:40 pm

ralat..gen Protein p53
13.
13 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 6:44 pm

@ gies,
enggak mbak. Dulu ada pendapat seperti itu, tapi tidak terbukti kebenarannya.

emangnya hobi baca di toilet ya … ketahuan nih😛

@ roffi,
moga gak terulang Kang

@ penggalih,
ok …😀
14.
14 ndarualqaz Agustus 4, 2007 pukul 8:26 pm

wakakakakaka, cocok banget nih, saya punya temen baru 20 th udah wasir… kekekekekeke bisa buat oleh2 pulang kampung nih, langsung ctrl+s dah……
15.
15 Linker Agustus 4, 2007 pukul 11:14 pm

Thank’s banget infonya Cak.
Saya wasir sejak lama.
Saya rasa awalnya seperti yang Cak katakan, “sering mengejan”.
Dulu semasa SD saya seneng banget makan buah rambai (rambe).
Asyik banget rasanya kalo makan dengan bijinya.
Padahal biji yang gede itu bikin sakit saat BAB.
Tapi waktu kecil kita gak ngerti wasir atau ambeyen.
Pokoke makan rambe plus biji enak banget.

Saat masuk SMP baru saya mulai ngeh kalo udah terkena wasir.

Udah banyak teman yang ngasi masukan, tapi belum saya coba karena setengah percaya.

Sekarang saya mau nanya sama Cak, bener gak daftar obat2an wasir dibawah ini:
1. Minum rebusan buah jambu biji (jambu klutuk) yang masih muda, berikut daun, batang dan akar
2. Minum rebusan gambir dicampur daun keduduk (Melastoma Malabathricum)
3. Menempelkan bongkahan es pada dubur selama 15 menit.
4. Duduk di atas potongan kulit harimau (kayaknya gak masuk akal, tapi teman saya sampe bersumpah bahwa ada yang berhasil)

Makasih sebelumnya Cak, atas jawabannya.
16.
16 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 12:02 am

@ ndarualqaz,
hahaha, jangan pura-pura ah😆

@ Linker,
waduhhh … maaf, saya gak bisa tanpa referensi dan kandungan yang jelas berdasarkan tinjauan ilmu obat (farmakologi).

Kalo boleh saya sarankan, pakai obat yang sudah teruji secara ilmiah, baik obat antihemoroid yang diminum ataupun yang dimasukkan dubur (rectal supposutoria)
17.
17 samara Agustus 5, 2007 pukul 12:38 am

gmana nih saya gak mau di operasi?
18.
18 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 3:01 am

@ samara,
iya rata-rata pasien gitu, ngotot gak mau, bilangnya takut, bukan takut operasinya tapi takut kantongnya diedhel-edhel dokter, hahaha.
Jika itu yg terjadi, trus gimana hayo😆
19.
19 tiar Agustus 5, 2007 pukul 7:44 am

kapan aku kena wasir? eh jangan
20.
20 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 1:53 pm

@ tiar,
moga tidak deh
21.
21 telmark Agustus 5, 2007 pukul 2:29 pm

dikirain pasir hehehe…🙂
cak Dok, saya sering duduk, dan sering sakit pinggang. ada kemungkinan berhubungan ama wasir ? but sampe skrng blom pernah ada darah2-an.
22.
22 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 3:10 pm

@ telmark,
duduk dan sakit pinggang, ga mesti berhubungan dengan wasir koq.

Tidak seius:
Tergantung duduknya sama siapa dulu dong … *bletak*
23.
23 Anang Agustus 5, 2007 pukul 4:10 pm

thanks banget heheheh
24.
24 wulan Agustus 5, 2007 pukul 10:55 pm

Walah, padahal kalau belum selesai semua halaman koran belum puasss tuh…:D
25.
25 samara Agustus 5, 2007 pukul 11:06 pm

cak,selain operasi kira-kira ada gak ya obat yang bisa ngecilan benjolannya dan biar bisa masuk lagi gitchu…. saya sih takut sama nyeri post op nya itu, ntar mau buang hajat pasti nyeri banget dan lama pulihnya, jadi saya lebih merasa nyaman gak dioperasi daripada setelah dioperasi bukannya enak malah tambah risih. o….iya saya punya cerita ada pasien hemoroid setelah dioperasi oleh dr SpB digestif nyerinya gak hilang2 setelah dicek oleh dr SpB digestif yang lain ternyata anausnya sudah gak ada…ih, tambah gak mau saya,ya….sebenernya setiap operasi pasti ada resikonya. cak, menurut cak saya sebaiknya menjalani operasi atau gmana?
26.
26 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 11:32 pm

@ Anang,
Maaf mas Anang, tagi disandera ama mbak askim

@ wulan,
hahaha, emangnya berapa jam mbak …

@ samara,
loh, sesama seperguruan koq malah nanya, piye ?
Ta’ kira mau ngebantuin jawab lho, hahaha
Sewaktu awal posting seputar penyakit, temen-2 sejawat dah sepakat, termasuk pak/bu/om samara yg nyusul kemudian, ya kan …
27.
27 samara Agustus 6, 2007 pukul 8:13 pm

ha…ha….jadi malu
28.
28 starflake Agustus 6, 2007 pukul 9:21 pm

wah padahal dapat inspirasinya kalo pas nongkrong di wc cak..ahah…
29.
29 cakmoki Agustus 7, 2007 pukul 12:56 am

@ samara,
hahaha, mulane gak usah menyamar😆 … tosss

@ starflake,
inspirasi bikin lagu ya … asyik memang, kadang gak terasa sudah 1 jam, sampai kaki gringgingen😛
30.
30 mei Agustus 21, 2007 pukul 1:45 pm

karena melahirkan, aku kena wasir cak..sampe keluar gt, tapi aku gak berani k dokter lagi..aku pikir asal aku makan pepaya tiap hari dan gak lagi ngejan(berusaha) khan mustinya gapapa..iya khan dok??

trus yang d sebut cibermedik itu bener ya??kalau sudah terlanjur keluar dan gak di masukin lagi dengan ajlan operasi kemungkinan akan terjadi ca rectum cak??hiii ngeri…amit-amit jangan sampe dehhh
31.
31 cakmoki Agustus 21, 2007 pukul 10:49 pm

@ mei,
gak papa mbak, asal gak ngejan gak akan keluar.

Ca rectum? hehehe… kalo baca teorinya sih hampir semua penyakit akan berakhir pada yang ngeri-ngeri… kenyataan tidak seprti itu. Kalaupun ada, persentasenya sangat kecil.
so … santai aja🙂
32.
32 Lily Oktober 9, 2007 pukul 11:59 am

Cak, tanya ya..
Baru2 ini aku baru sadar klo aku wasir juga pas di mulut anus tapi tidak sampai keluar (gak ngeh kenanya sejak kapan..) ;p

Gak terasa apa2, cuma memang pup agak sulit soalnya aku emang paling males makan sayur.. :p

Sebenarnya wasir apa perlu diobati Cak?
Obat yg dimasukin ke anus itu contohnya “Dolana” bukan Cak? (maaf menyebut merek, soalnya gak ngerti jenisnya.. ;p)
Trus mengkonsumsi obatnya kapan Cak?

Satu lagi,
apa wasir bisa hilang? Atau hanya bisa dicegah pembesarannya? Klo bisa dihilangkan bagaimana caranya Cak?

Terima kasih sebelumnya..🙂
33.
33 cakmoki Oktober 9, 2007 pukul 9:54 pm

@ Lily,

Sebenarnya wasir apa perlu diobati Cak?

perluuuuuu … obatnya bebas aja koq, ada yg seperti peluru kendali dimasukkan anus, ada juga yg bentuk salep…tinggal pilih🙂
Makainya sejak diketahui ada wasir, sampai kempes or kalo gak ada penonjolan samapigak keluar darah waktu pup or sampai gak perih.

apa wasir bisa hilang? Atau hanya bisa dicegah pembesarannya? Klo bisa dihilangkan bagaimana caranya Cak?

Bisa. Pembesarannya bisa dicegah dan juga bisa dihilangkan dengan operasi. Tapi kalo gak besar gak perlu operasi. Ditelateni aja deh🙂
34.
34 julie November 19, 2007 pukul 6:23 pm

mas moki,
saya sdng ngalamin wasir (tahap 1 sih kalo berdasarkan yg saya baca di web), karena takut makin parah, saya nggak mau mengejan lagi kalo BAB, yg ingin saya tanyain kalo kotoran keras dan susah keluar apa yg hrs saya lakukan sedangkan mengejan kan dah gak boleh dilakuin, ditunda aja dulu BAB-nya??
saya rasanya sih dah cukup makan sayur, tp kok kotoran masih sering keras, apa karena menunda BAB (karena kotoran susah dikeluarin tanpa mengejan)…
35.
35 cakmoki November 20, 2007 pukul 12:54 pm

@ julie,
ya bener, hindari mengejan.
Nah kalo pas BAB keras, jangan ditunda karena ntar makin keras dan makin susah keluarnya.
Karenanya perlu obat pencahar untuk melunakkannya, misalnya pakai dulcolax tablet, 1-2 tablet sekali minum sebelum tidur. Jika tiap hari keras, sebaiknya obat pencahar dipakai setidaknya 2-3 hari sekali supaya tidak mengejan and supaya si wasir tidak membesar.

moga berguna, thanks🙂
36.
36 bing November 21, 2007 pukul 1:10 am

cak, saya lagi hamil 4 bulan, kena wasir. sudah cuba anusol tapi koq masih perih en sakit. tolong donk, rasanya mengganggu sekali
37.
37 cakmoki November 21, 2007 pukul 1:56 am

@ bing,
Dah bener kog pakai anusol, emang kalo hamil cenderung gitu karena menimbulkan tekanan rongga perut trus ke anus. Sehingga jika luka or lecet di daerah itu akan perih.
Bisa dipertimbangkan Ultraproct or Ultraproct-N yang bentuk salep dioleskan. Obat ini ada anestesi lokalnya so diharapkan bisa ngurangi rasa perih.

Moga segera teratasi🙂
38.
38 bing November 21, 2007 pukul 9:58 pm

Tq cak,

ada question lagi nih. selain pakai anusol kapsul saya juga dikasih ointment sama dokter saya. sudah 2 hari saya pakai tapi masih agak gak comfortable sampe saya gak berani buang air kecil padahal setiap 30 minit harus ke toilet. Ini obat emang perlu waktu lama untuk kerasa efeknya atau gimana yah. Saya juga bekerja en kalu berdiri lama juga menyebabkan wasirnya sakit, takutnya semakin besar kandungan semakin besar wasirnya.
Tq banget cak for your time, sorry banyak questions.
39.
39 cakmoki November 22, 2007 pukul 12:59 pm

@ bing,
oh, baru 2 hari tho🙂
iya, perlu waktu lama dan kesabaran karena ini menyangkut jaringan yang letaknya tersembunyi dan bisa membesar kalo tekanan rongga peru meningkat. Makin besar kandungan beresiko membesar juga wasir nya.
Yang penting dah punya obatnya, and itu gak bahaya koq, .. cuman ngganggu banget🙂

So, sabar ya
40.
40 Yola Maret 12, 2008 pukul 6:54 pm

Cak, aku uda lama ternyata kena wasir.. uda parah kayanya euy.. tiap kali BAB selalu harus ngejan kalo nda ngga mau keluar..pedahal keluarnya juga ngga keras. kadang malah mencret (maap yaaa…) kenapa ya?? aku juga BABnya ga teratur.. pedahal minum uda banyak, 2 liter sehari kira2. minum buah dan sayur ya makan aja. sekarang ini uda mulai sakit kalo dibawa duduk. ada obatnya yang bisa ngempesin ga ya? kalo bisa ga mau dioperasi.. repot ateuh… katanya bisa diobatinnya dengan cara diiket abis itu bisa copot sendiri? itu bagaimana??? makasi ya Cak…

Sorry ya banyak nanyanya…🙂
41.
41 cakmoki Maret 12, 2008 pukul 11:52 pm

@ Yola:
kalo besar banget ga usah operasi, pakai obat aja.
Obatnya ada 2 jenis, diminum dan obat lokal (salep or supposutoria)
Supposutoria maksudnya yg dimaksukkan dubur, bentuknya kayak peluru kendali.
Obat minum misalnya: ambiven capsul
Obat lokal: salep ultraproct-N or yg bentuk supp misalnya: Borraginol-S, Anusol dll, dimasukkan dubur pagi setelah bab dan malam selama sekitar seminggu or hingga mereda.
Jangan diiket, ntar infeksi malah berabe🙂
Moga segera sembuh
42.
42 Y Yuniarso April 14, 2008 pukul 3:23 pm

Bagi rekan2 yang menderita wasir/ambien segala stadium, internal maupun eksternal silahkan mampir ke website saya : http://www.geocities.com/jejaksukses. Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan kesaksian banyak rekan yang telah terbantu. Bagi-bagi berkat saja. Semoga berkenan. Salam buat semua.
43.
43 rama April 14, 2008 pukul 8:12 pm

Dok, mau nanya, ibu saya menderita wasir cukup parah.. kata ibu sih dia menderita wasir internal tp ktnya ada benjolan kecil nongol.. udah gitu katanya setiap dimasukin selalu keluar lagi, trus katanya sakitnya luar biasa dok.. sampe saya merinding ngeliatnya!! Pengobatan udah ke dokter.. tapi dokternya cuman ngasih salep faktu, tp gak bergeming, berendem di air anget dicampur permanganat (ini kata adik ibu saya), pake kapsul gak mempan2 dok… saya harus gimana? udah seminggu gak berkurang2… saya takut juga, soalnya dia ga mau dioperasi dok! Terima kasih
sekedar info ibu saya peminum 2liter airputih dan pemakan setia pepaya…
44.
44 cakmoki April 14, 2008 pukul 11:45 pm

@ rama:
Kalo setiap dimasukin keluar lagi (prolaps), jalan terbaik adalah operasi. Namun kita harus bijak, jika ibunda gak mau operasi maka diobati secara berkala. Kadang perlu waktu seminggu lebih, dan akan keluar lagi kalo mengejan (batuk, angkat berat, duduk lama, dll).
Menurut saya, perlu diberikan obat minum dan obat lokal (anal suppossutoria or dimasukkan dubur), misalnya: Ambeven 3×2 diminum selama 3-5 hari, dan Borraginol-S atau Ultraproct atau faktu supp (pilih salah satu) dimasukkan anus 2x sehari pagi setelah buang air besar dan malam sebelum tidur, sampai wasir ga keluar lagi.

Moga ibunda segera sembuh…trims
45.
45 kira Mei 1, 2008 pukul 1:03 pm

cak mau tanya, kalo wasir saya pas lagi bab trus keluar darah, setelah itu saya pake obat yg sup dan banyak makan pepaya langsung ga keluar darah dan bab lancar, itu perlu di operasi atau diikat tidak? masalahnya sudah saya alami selama 2 thn tapi tidak terus menerus, hanya ketika saya makan pedas saja…..
berbahaya tidak karena sudah sering dan selalu reda dengan obat sup dan pepaya dan kambuh lagi kalau saya makan pedas atau tidak makan pepaya
thanks
46.
46 cakmoki Mei 2, 2008 pukul 3:32 am

@ kira
Menurut saya, gak perlu operasi.
Alasannya:
Pertama: dengan obat sup dan mengatur makanan udah bisa diatasi.
Kedua: dengan operasi masih ada kemungkinan timbul wasir di tempat lain.
Dengan kondisi seperti itu enggak berbahaya sih.

Thanks
47.
47 lia Mei 17, 2008 pukul 10:50 am

ka,q ao nnya neeh.
makan makanan yg pedas tu bsa mmicu qta terkena wasir ga si….?
truz lo msih thap gejala wasir tu,ga di obatin apa bisa sembuh dngn sndrinya….?
tolong dijawab ya ka….
makasih
48.
48 cakmoki Mei 17, 2008 pukul 2:54 pm

@ lia:
enggak … gak ada bukti bahwa makanan pedas dapat memicu timbulnya wasir.
Sebenernya gak ada istilah “gejala wasir”, yang bener menderita wasir apa enggak. Cuman gradasinya macam-macam, dari mulai yang ringan (stadium I) hingga yang gedhe (stadium IV).
Pada gradasi yang ringan seringkali gak menimbulkan keluhan.
Lha, yg dimaksud gejala wasir gimana ? apa yang ringan ? Atau masih meragukan?🙂
Thanks
49.
49 hengki Juli 5, 2008 pukul 7:24 pm

cak aku mau nanya nehhh, kayaknya aku udah kena wasir nehhh ( hiks… ) masalahnya tiap aku bab aku pasti mengalami pendarahan. Aku menyadari aku mungkin mulali terkena ini pas dulu sma kelas 3, waktu itu aku sering banget ngejan pas bab, trus aku juga gemuk ( katanya kegemukan juga merupakan salah satu faktor betul apa salah cak? ) trus pernah aku mengalami nyeri di anusku hingga kalo aku duduk sakit banget, awalnya aku sangka cuma nyeri biasa tapi kok sampe lama, sejak saat itu aku kalo bab selalu berdarah dan hingga sekarang ( kuliah semester 6 ). Aku mau tanya gimana caranya nyembuhin wasirku soalnya aku sedikit stress kalo aku mikirin penyakit ku ini. thanks before…😀
50.
50 cakmoki Juli 6, 2008 pukul 1:24 am

@ hengki:
Betul, kegemukan merupakan salah satu faktor pencetus.
Cara mengatasi wasir, silahkan baca kembali Tips di atas, lengkap tuh🙂 … ntar kalo ada yg kurang jelas boleh tanya lagi. Thanks
51.
51 susi Juli 6, 2008 pukul 10:28 pm

aku kan abis nglahirin,tp dah seminggu ga puf. pas udah puf bab nya keras banget,jadi aja benkak. di bantu pake *DULCOLAK* yg sup, sorry sebut sebut merk. maksudnya biar bab nya ga keras. tp malah tmbah benkak. trus di obatin HAEMOKAIN benkaknya sembuh. tapi dah seminggu lg ga puf. trus gimana yah biar cepet bab llg tp ga keras ?
52.
52 cakmoki Juli 8, 2008 pukul 2:27 am

@ susi:
Sebenernya Dulcolax supp 10 mg udah oke, tapi sebaiknya dipakai kalo 2-3 hari gak BAB, jangan nunggu seminggu karena bisa bengkak. Kalaupun bengkak lagi, haemocain dapat digunakan lagi.

Supaya gak keras:
> Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur.

> Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari.

Thanks
53.
53 nn Juli 17, 2008 pukul 1:09 pm

cak aku sering sembelit kalo bab, kayaknya semenjak aku kena typus dh(8th yg lwt).. g tau sh ada pengarusny ato g! padahal aku udah makan sayur n buah dlm porsi besar… malahan sempat g makan yg lain selain sayur. tp kalo olah raga agak malesan.trus sekarang ada tonjolan kecil (-+ 1cm)di anus ku…g terlalu mengganggu sh.. soalny tuh tonjolan klo mengejan aja keluarny.masalahny aku tuh pengen hamil.. kan klo hamil katany bs tambah susah bab or sampe memperparah wasir(bnar g cak?)gimana cak solusiny?obatny yg aman buat yg hamil ada g cak?mang sh aku blm hamil tp kan buat jaga2 cak… sapa tau kecolongan.
ditunggu jawabannya cak. tq bgt!!!!
54.
54 cakmoki Juli 19, 2008 pukul 3:37 pm

@ nn:
sembelit gak mesti ada hubungannya dengan typus…
kalo emang sering sembelit, sebaiknya pake dulcolax sebelum tidur, jangan sampai ga BAB lebih 2 hari … Ga papa pake pencahar dalam waktu lama, ga ada efek samping yg serius kok…

iya bener, hamil akan lebih sering timbul keluhan wasir … ini karena tekanan rongga abdomen (perut) meningkat lantaran ada janin.
Semua obat wasir (kategori B) aman untuk kehamilan, so bisa pake sesuai selera, bentuk supp, salep, jelly … tinggal pilih aja.
Hamil kok kecolongan sih? emangnya sambil mengigau yaaa *becanda* …hahahaha.
Trims
55.
55 Primus Juli 21, 2008 pukul 12:27 am

CAk,,saya mau nanya ne.,,
Dubur saya sakit bgt klo berdiri lama2 atau jalan ke mall2 gtu.,..
tapi klo boker gag ada keluar darah,,dulu ada tapi skrg gak ada lagi.,.,

apa saya wasir itu cak??
klo iya gmn solusinya supaya gag sakit lagi ya???
soalx bener2 menggangu bgt tuh,..,

thanks cak
wajiB d bls ya cak:p
56.
56 cakmoki Juli 21, 2008 pukul 12:36 am

@ Primus:
mengingat bahwa dulu pernah, berarti iya (wasir)
Kalo hanya ngurangi sakit, dapat menggunakan pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesduah makan kalo pas sakit.
Selanjutnya, ikuti Tips mengatasi wasir sesuai artikel di atas.
Trims
57.
57 panji Agustus 1, 2008 pukul 1:08 am

cak…. nanya boleh kan?????

apa wasir kalo udah parah mesti harus dioperasi?????

terus… kalo masih belum parah, apa wasir bisa sembuh??

end terus… benjolan yang terdapat di luar Anus bisa kembali noramal????

tolong di jawab ya,,,,,,,,,,

tolong ya……………

[THANKS yaaaaaaaaaaa]

( )
58.
58 cakmoki Agustus 1, 2008 pukul 11:27 am

@ panji:
Wasir stadium IV dimana benjolan udah gede banget dan mengganggu ato sering menimbulkan perdarahan sebaiknya operasi.
Adapun wasir yg masih kecil, dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.
end terus…benjolan di luar anus dapat dihilangkan dengan operasi🙂
Thanks
59.
59 Chania Agustus 4, 2008 pukul 11:48 pm

Cak, pasca melahirkan saya susah bab dan selalu keras disertai darah dan terasa nyeri setelah bab, sudah pernah ke dokter lalu dikasih obat yang di minum dan yang dimasukan ke anus, tapi hingga sekarang setiap saya bab masih berdarah dan terasa nyeri.

Setiap mau mengeluarkan bab sakit banget dan setelah bab terasa nyeri dan panas, nyeri hilang sehari setelah bab.
Waktu diperiksa dokter dulu, katanya benjolannya di dalam, tapi kok baru2 ini setelah saya bab, saya raba seperti ada benjolan kecil lunak dekat anus.

Gimana ya cak biar wasir saya sembuh dan bagaimana caranya agar nyeri setelah bab berkurang..Obat wasir aman gak buat wanita menyusui? Makasih ya cak.
60.
60 cakmoki Agustus 5, 2008 pukul 12:44 am

@ Chania:
ok… untuk melunakkan bab yang keras, hendaknya banyak konsumsi sayuran berserat tinggi, misalnya: kangkung, daun ketela rambat, pakis (silahkan dimasak apapun sesuai selera). Andai bab masih keras, dapat digunakan obat pencahar, misalnya: Dulcolax, diminum 1-2 tablet malam sebelum tidur.
Adapun untuk ngurangi nyeri dapat digunakan pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg (opistan, ponstan, ponstelax…dll), diminum sesudah makan, kalo nyari aja.
Sedangkan untuk mengatasi wasir, dpat digunakan obat wasir yang dimasukkan anus (supp), misalnya: Ultraproct, Anusol, Borraginol-S (N) dll, dimasukkan anus 1-2 x sehari.
Semua obat di atas aman untuk wanita menyusui.

Makasih🙂
61.
61 kris Agustus 15, 2008 pukul 4:51 pm

cak…sy pny ank umur 2th setiap BAB dia slalu nangis & gak mo krn BABnya keras & kadang2 ada darahnya…sgala cara dah kt lakuin dr mkn syur2an, buah2an, agar2, minum air pth yg byk…smua yg org & dokter blg bs memperlancar BAB, tp tnyata sampe skrng msh blm ada perubahan…mungkin krn takutnya, dia jd srng nahan BABnya bs2 BABnya tiap 3hr sekali….setiap kedokter anak slalu diblg ksh mknan & buah2an ini itu minum yg byk & jg obat pelancar BAB (kl gak slh dulcolactor syrup) tetep gak b’pengaruh….skrng tiap sehabis BAB anusnya spt membengkak keluar & keras tetapi setelah beberapa lam normal lg spt smula….apakah ank sy tmsk penderita wasir??? atau ada penyakit yg lain mengingat ank saya aktif sekali…adakah solusi untuk mslh ank sy tsb??
trima kasih byk sblmnya cak…
62.
62 cakmoki Agustus 16, 2008 pukul 12:03 am

@ kris:
ok, kalo udah segala cara dilakukan dan tidak membawa hasil, menurut saya perlu diberikan obat pencahar yang dimasukkan anus setiap kali BAB keras, jangan lebih 3 hari, ntar si kecil menderita karena harus mengejan dengan wajah merah padam, kasian kan ?
Obatnya adalah dulcolax pediatric 5 mg supp.
Jika 2 hari ga BAB, masukkan obat tersebut ke anus (buka dulu bungkusnya), dengan sedikit dibasahi sampai semuanya masuk, ntar beberapa jam akan keluar BAB.
Kalo lewat anus efek sampingnya ga seberapa ketimbang yang diminum dan ngelihat anak tersiksa.
Selain itu tetep dikasih sari buah jeruk keprok, setidaknya untuk melunakkan walau belum tentu berhasil.
Trims
63.
63 kris Agustus 16, 2008 pukul 2:04 pm

wah…trims byk niy cak…tp sy jd mo tny lg apakah obat tsb tdk berbahaya pa bila digunakan utk jangka waktu yg lama (efek sampingnya jika dipakai trus setiap susah BAB)…krn sy pernah berikan obat pencahar dr anus (kl gak slh Microlax, sy berikan 1/2 dr dosis yg dianjurkan krn aturannya utk 3 thn keatas)& sy konsultasikan ke dokter yg mengatakan pemakaian obat tsb kurang baik pa lg jika digunakan trus menerus…jd mohon utk pencerahannya cak…pa obat dr cak moki ini relatif aman jika digunakan trus menerus setiap susah BAB….mengingat obat yg sy gunakan tsb kurang baik (asumsi sy tdk aman utk ank saya)…

makasih byk cak🙂

GBU
64.
64 cakmoki Agustus 16, 2008 pukul 6:03 pm

@ kris:
Maaf saya juga gak ngerti maksud dari kalimat “kurang baik”.🙂
Saya haanya mempertimbangkan dari sisi keamanan dan manfaat dibanding jika BAB keras terus dan anak jadi tersiksa.
So, kedua obat tersebut cukup aman untuk jangka panjang.
Trims
65.
65 nana Agustus 20, 2008 pukul 2:04 pm

klo pny wasir susah untuk punya anak gak ya
66.
66 cakmoki Agustus 20, 2008 pukul 11:46 pm

@ nana:
gak ada hubungan antara wasir dan kesempatan punya anak🙂
67.
67 Hisoka Agustus 24, 2008 pukul 5:47 pm

Saya BAB disertai dengan darah sudah sekitar 3 minggu, dan sekarang membuat saya anemia, dengan kepala sering nyut2 an di bagian belakang
apakah ini termasuk dikarenakan wasir, terkadang tidak ada nafsu makan
sampai saat ini saya hanya mengkonsumsi suplemen penambah darah.
mohon jawaban mengenai keluhan saya

terima kasih
68.
68 cakmoki Agustus 25, 2008 pukul 12:21 pm

@ Hisoka:
iya, bisa jadi anemia karena wasir dengan disertai darah yang berkepanjangan..
Selain konsumsi suplemen penambah darah, sebaiknya menggunakan obat wasir hingga darah tidak netes lagi, misalnya: Anusol atau Ultraproct dll, dimasukkan anus 2 kali sehari hingga darah gak keluar lagi..
Moga segera sembuh… Trims
69.
69 Hisoka Agustus 25, 2008 pukul 5:18 pm

Trima kasih dok, atas jawaban sebelumnya, saya masih ingin bertanya lagi, apakah BAB disertai dengan darah penyebabnya hanya wasir dok?atau ada kemungkinan lain? kanker usus mungkin??saya baru konsul ke dokter saya dikasih obat 4 jenis, anusol, asam mefenamat, adrome karbazokorm, dan satu lagi tidak ada namanya cm bentuknya pil bulat berwarna merah, mohon informasi mengenai obat yg dokter tahu.

Sekali lagi saya ingin berterima kasih banyak atas jawabannya
70.
70 cakmoki Agustus 26, 2008 pukul 10:42 pm

@ Hisoka:
Kalo membahas “kemungkinan”, tentu ada beberapa kemungkinan lain. Tapi dokter yg meriksa akan selalu mempertimabngkan dan memeriksa semua kemungkinan-2 tersebut melalui pemeriksaan fisik dan tanda-2 lain sesuai karakteristik penyakit-penyakit dengan keluhan BAB berdarah.. artinya, kemungkinan penyakit lain semisal kelainan usus (infeksi, tumor dll) udah disingkirkan.

Tentang fungsi obat:
1. Anusol untuk mengatasi wasirnya
2. Asam mefenamat untuk meredakan nyeri (bisa disimpan jika nyerinya udah reda)
3. Adrome untuk mengatasi perdarahan.

Thanks
71.
71 Chania Agustus 28, 2008 pukul 6:43 pm

Cak saya mau bagi2 informasi untuk mengatasi wasir. Karena sudah ke dokter dan minum berbagai macam obat wasir saya tak kunjung sembuh. Akhirnya saya minum rebusan daun ungu/ kapsul daun ungu..Alhamdulillah bab saya sudah ga berdarah dan feses menjadi lunak..

Walaupun belum benar2 sembuh, tapi saya sudah tidak merasa tersiksa lagi jika bab..dan setelah bab saya oleskan minyak bokashi pada wasir dan sekitar anus, sepertinya benjolannya agak mengempes sedikit.

Semoga bisa menjadi masukan untuk semua.
72.
72 cakmoki Agustus 29, 2008 pukul 4:01 pm

@ Chania:
Daunungu juga dipake oleh beberapa masyarakat pedalaman Kaltim, sayangnya kita belum mengetahui kandungan obat di dalamnya … trims share-nya🙂
73.
73 Nee November 20, 2008 pukul 11:11 pm

Cak, mau nanya ni
Ayah saya kena wasir.
Kalo dah stadium 3 & ada infeksi harus gmn?
Apa bisa dioperasi?
Coz benjolannya dah besar & katanya dah ga bisa dimasukin lagi..
Oya umur ayah saya dah 63tahun
Mohon sarannya ya Cak
Makasih sebelumnya🙂
74.
74 cakmoki November 20, 2008 pukul 11:40 pm

@ Nee:
Kalo gak bisa dimasukin lagi, sebaiknya operasi.
Usia segitu ga masalah untuk operasi. Hanya saja perlu disadari bahwa operasi wasir memerlukan waktu penyembuhan agak lama karena letaknya di dubur.
Trims
75.
75 Nee November 21, 2008 pukul 6:43 am

Cak, saya lagi nih
Kalo msh ada pendarahan & infeksi blm bisa dioperasi y?
Trus operasi wasir ini termasuk operasi besar ato bukan?
Soalnya Ayah saya takut operasi gitu..
Bingung cara ngasi pengertiannya..
Mohon petunjuknya…
76.
76 cakmoki November 21, 2008 pukul 9:23 pm

@ Nee:
iya, kalo masih perdarahan dan infeksi, harus diobati lebih dahulu.
Operasi wasir bukan operasi besar.
Orang tua emang biasanya gitu. Gak perlu buru-buru atau dipaksa-paksa.
Andai beliau tetap tidak mau operasi, gak usah operasi🙂
Cukup diberi obat: antibiotika, anti perdarahan, obat haemorrhoid supp (2×1 sehari dimasukkan dubur), dan antinyeri (jika nyeri).

Trims
77.
77 Nee November 22, 2008 pukul 7:52 pm

Oke klo gitu Cak!
Makasih banget ya Cak🙂
78.
78 muti November 24, 2008 pukul 6:27 pm

halo cak,,
ini pacarku katanya kalo pup suka bedarah-darah gitu (hii ngeri ya dengernya), trus abis itu duburnya suka perihh,kalo udah perih pasti dia meringis-meringis gitu,itu bisa dibilang dia kena wasir ga ya?
tapi sakitnya ga terus-terusan,kadang cuma setengah hari terus ilang, kadang bisa sampe 3-4 hari baru ilang, biasanya sih kalo abis makan pedes atw makan2 yg ga jelas gt..
untuk ngatasin pendarahan, nyeri di dubur sama benjolan yg nongol2 itu gmn ya?
aku sih niatnya mau beli salep yg ada anestesinya itu buat ngilangin nyeri,tp untuk pendarahannya gimana?
mendngan mana pake obat yg diminum apa yg dimasukin ke dubur?
trus obat yg bagus apa? sama aturan minum atau pakenya kapan aja
tolong ya.. ^_^
79.
79 cakmoki November 25, 2008 pukul 9:02 am

@ Nee:
Sama-sama, makasih juga🙂

@ muti:
Halo🙂
Untuk yang dimasukin dubur, dapat menggunakan: ultraproct supp 1×1 per hari, selama 3-5 hari.
Sedangkan untuk perdarahannya, dapat menggunakan obat minum: Danachrom 3×1 per hari, hingga perdarahan berhenti.
Trims
80.
80 IWAN November 25, 2008 pukul 12:06 pm

siang Cak..sudah skitar setahun dubur ku serng terasa nyeri kalo abis BAB keras, kalo abis diare, kalo kecapean. Tapi gak prnah kluar darah n gak ada sesuatu yg keluar dari dubur, prnah kubawa ke dokter katanya wasir internal tp gak prlu operasi. Setiap keluhan itu terasa nyerinya minta ampun dan langsung aja aku pake anusol (dimasukin ke dubur) dan minum lanaven 2 kali 1. Apakah kedua obat itu aman tuk jangka panjan Cak? krn meski pola makan sdh dijaga (bnyak mkan sayur, buah n mnum) tetep aja sesekali keluhan itu timbul (dalam 1 bulan bisa nyeri 4 kali) , lalu apakah wasir internal lebih berbahaya darpd wasir eksternal? Terima kasih Cak..
81.
81 cakmoki November 25, 2008 pukul 5:53 pm

@ IWAN:
Penggunaan obat wasir (diminumataupun yang dimasukkan dukur) aman untujk jangka panjang.
Hemoroid atau wasir internal dan eksternal hanya merujuk pada letak, keduanya tidak berbahaya.

Adapaun timbulnuya rasa nyeri disebabkan oleh peningkatan tekanan intra abdominal (rongga perut) dengan berbagai pemicu, misalnya: angkat berat, mendorong, duduk lama, berkendara di jalan yang jelek, batuk, diare (yang disertai mengejan), duduk lama di wc, hamil dan melahirkan (bagi wanita), dll.

Untuk mengurangi nyeri, selain kedua obat yang disebutkan di atas, dapat menggunakan pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg (molasic, stanza, opistan, dll), diminum 3×1 sesudah makan, hanya saat nyeri aja.
Trims
82.
82 ta November 29, 2008 pukul 2:16 pm

BAB ku nih udah pake kluar darah-darahan.
aku dah minum pencahar trus makan buah, ma minum ambeven.
trus klo minum ambeven ja bisa berenti ga pendarahannya?
thaks b4
83.
83 cakmoki November 30, 2008 pukul 10:53 pm

@ ta:
kalo pake obat minum ambeven aja ga bisa, perlu tambahan: Danochrome, diminum 3×1, dan antihemoroid supp (misalnya: anusol, ultraproct, dll), dimasukkan dubur, 2×1 sehari.

Trims
84.
84 Nunung Desember 5, 2008 pukul 3:46 pm

Bagaimana cara mengatasi wasir?
85.
85 agustyn Desember 5, 2008 pukul 6:54 pm

cak,
aku maw tny mengenai obat wasir yg aman untuk wanita menyusui, kemarin sempet beli boraginol-n dan s, tapi pas aku baca di keterangannya, ada tertulis bahwa perlu hati2 untuk pemakaian bagi org menyusui, apakah itu maksudnya tidak boleh untuk org menyusui??
mohon dijelaskan, krn aku awam banget.
thx yah cak..
86.
86 cakmoki Desember 5, 2008 pukul 11:06 pm

@ Nunung:
saya salin lagi ya:
:: :: :: TIPS MENGATASI WASIR :: :: ::
Agar tidak bertambah berat, para penderita wasir perlu memperhatikan beberapa tips sebagai berikut:

> Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri dan menjaga kebersihan dubur selama sekitar 15 menit, setidaknya 2-3 kali dalam sehari.
> Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur.
> Menghindari minuman beralkohol agar kotoran tidak keras.
> Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari.
> Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi perlukaan.
> Jangan membiasakan menahan buang air besar dan jangan pula memaksa untuk buang air besar.
> Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat buang air besar, misalnya sambil membaca, karena kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan di daerah dubur.
> Olah raga teratur.
> Gunakan obat antihemoroid sesuai anjuran dokter

@ agustyn:
Semua obat wasir cukup aman untuk kehamilan dan menyusui koq… kalaupun ada peringatan seperti itu, maksudnya agar bertanya lebih dahulu kepada dokter.
Rata-2 obat wasir masuk kategori B pada kehamilan dan menyusui yang artinya cukup aman.
Trims
87.
87 rizz Desember 25, 2008 pukul 5:17 pm

Cak,mau nanya nih,saya klo BAB keluar darah dikit dan agak perih tp gk ada tonjolan,saya pake obat wasir yg dimskin(Superhoid),tp kok stelah obatnya msk jd perih gt ya anusnya?Apa saya wasir internal?Trus boleh gak pake Superhoid & ultraproct scra bersamaan?Jd pake superhoid trus langsung pke salep utk dioles diluar?Trims before
88.
88 cakmoki Desember 26, 2008 pukul 11:38 am

@ rizz:
ya, kemungkinan internal dan ada iritasi sehingga perih saat dimasukin obat supp.
Boleh pake bersamaan, gak papa.
Trims
89.
89 rizal96 Januari 14, 2009 pukul 10:32 pm

Mungkin untuk menambah serat pada makanan kita bisa pake vegeta atau produk lain yang sejenis. Pengalaman saya minum vegeta bisa bikin lunak kotoran dan sudah tidak berdarah lagi.
90.
90 cakmoki Januari 16, 2009 pukul 5:08 am

@ rizal96:🙂
91.
91 Mery Januari 23, 2009 pukul 12:05 pm

Salam cak, aku mau nanya nih,2 bln yg lalu aku baru ngelahirin,awalnya sih waktu BAB g sakit tp kok dah sekitar 2 minggu ini di sekitar anusku agak nyeri kl BAB meskipun fesesku ga keras,trs jg ada benjolan tp kecil bgt,kalo pake ultrapoct-N salep bisa ngilangin nyeri n benjolannya g cak? Thanx be4.
92.
92 cakmoki Januari 23, 2009 pukul 4:16 pm

@ Mery:
Salam, … iya, pake ultraproct-N bisa mengurangi nyeri dan ngempeskan benjolannya, tapi ga bisa ngilangin…🙂 Gak papa, gak bahaya koq, cuman kadang mengganggu. Thanks
93.
93 r2iv Februari 14, 2009 pukul 2:41 am

cak sy mw tanya,,
sy dah kena wasir cukup lama (sktar SMA kls 1, saat ini kuliah sdah smster akhir),, tetapi sdah sktar 4 bulan yg lalu wasirnya makin parah,, setiap habis BAB(meskipun fesesnya g keras) selalu sakit ketika berjalan atau duduk karena ada benjolan yg cukup besar (bengkak), kadang disertai dengan pendarahan dan untuk memulihkn kembali sy bw sambil tduran…ketika sdah pulih (benjolannya dah kempes) benjolannya g mw masuk lg tetapi g skt lagi…kadang sy stress klo memikirknnya

yg mw sy tanyakan
1. kira2 sy sdah stadium brp wasirnya???
2. apakah sy harus operasi???
3. klo sy g pengen d operasi (ngeri,takut) adakah cara lainnya??
4. seandainya operasi kira2 proses penyembuannya brp lama??
5. apakah wasir merupakan pnyakit keturunan???mengingat kedua orang tua,nenek sy jg mnderita wasir

Terima kasih…
94.
94 cakmoki Februari 14, 2009 pukul 3:43 am

@ r2iv:
Sebenernya tindakannya udah bener, yakni istirahat tiduran kalo pas kambuh. Selain itu, untuk mencegah kekambuhan silahkan baca Tips di atas.

1) Maaf, penentuan stadium hanya dengan pemeriksaan.
2) Tidak harus, bergantung pada masing-masing. Kalo gak siap, ya ga perlu operasi.
3) Kalo ga pengen operasi, dapat mengunakan obat, misalnya ultraproct (supposutoria), dimasukkan dubur 2 kali sehari. Untuk ngurangi nyeri dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesuah makan.
4) Proses penyembuhan pasca operasi sekitar 3-6 minggu.
5) Bukan penyakit keturunan tapi lebih kepada pola hidup, misalnya BAB keras, kebiasaan menahan BAB, dll.

Trims
95.
95 Nafeesa Maret 10, 2009 pukul 8:39 am

cak,,,denger2 ni ya pepaya muda (mengkal) tu bisa nyembuhin wasir, bener g c???
trus klo bener, kandungan apa yg bikin sembuh??
96.
96 cakmoki Maret 10, 2009 pukul 12:22 pm

@ Nafeesa:
Gak bener🙂
Pake aja yang jelas kandungannya, kadarnya, fungsinya dan teruji.
97.
97 pey Maret 14, 2009 pukul 12:01 pm

cak.. saya yakin kena wasir nih, soalnya baca ciri2 diatas sama dengan yg saya alami.. tapi, saya agak malu untuk dateng ke dokter ;P yg saya alami yaitu sakit saat babnya keras (kalo pupnya lunak ga terlalu sakit). dan bis bab itu masih perih & sembuh hingga sekitar setengah hari (kalo istirahat tiduran)..

nah, mo tanya nih, kalo mengkonsumsi obat yg cak sarankan seperti yg ditanya di atas2 tuh, bolehkah tanpa resep dokter?? misalnya saya pengen beli ultraproct-N, dulcolax tablet dan asam mefenamax 500gr (untuk ngilangin nyeri setelah bab) di apotik.. apakah harus dengan resep dokter setelah periksa?? soalnya saya merasa bisa mengira2 sendiri obat yg saya butuhkan, hehe.. *sok tahu nih*
98.
98 cakmoki Maret 14, 2009 pukul 4:09 pm

@ pey:
Aturannya sih gak bisa😀
Untuk Dulcolax dan asam Mefenamat biasanya bisa, yg Ulraproct dan sejenisnya bergantung pada apotek.
Silahkan dicoba deh … moga bisa.
99.
99 tiko Maret 17, 2009 pukul 1:51 pm

cak, obat wasir puskesmas ada ga??🙂
100.
100 cakmoki Maret 18, 2009 pukul 12:48 pm

@ tiko:
Bergantung pada Puskesmas dan kebijakan pengadaan obat setiap kota. Di kota kami, ada.
Trims🙂
101.
101 A1 Maret 18, 2009 pukul 11:48 pm

cak, ijin nanya. Jdnya aktivitas sehat kita itu utk berdiri atau duduk itu kira2 brp jam yah?Krn kl berdiri lama bisa jadi penyebab wasir, sementara kl duduk lama juga jadi penyebab wasir. Serba salah jad penderita wasir jadinya.
102.
102 cakmoki Maret 19, 2009 pukul 1:05 am

@ A1:
Masalah waktu gak ada batasan yg jelas, bergantung pada seberapa besar pengaruh berdiri dan duduk pada peningkatan tekanan dalam rongga perut (intra abdominal)
Kalo berdirinya gak disertai beban, maka gak akan ngaruh walaupun berdiri hingga 4-8 jam. Tapi kalo berdiri disertai aktifitas mendorong, menarik, dan sejenisnya, maka dalam 2-4 jam akan menimbulkan keluhan pada penderita wasir.
demian pula saat duduk. Jika duduk santai gak akan berpengaruh apapun. Tapi jika misalnya duduk di toilet sambil baca koran ato menyanyi hingga 1 jam, maka penderita wasir lama-kelamaan akan mengalami keluhan.
Trims
103.
103 A1 Maret 19, 2009 pukul 10:49 am

makasih cak atas jawabannya. Mo nanya lg yah :p
Sy kan ud k dokter dan dikasih resep ultrproct N(salep) dan andium (makan). Nah yg ultraproct N itu diolesinnya kl ga salah cak prnh jwb stiap habis buang air pada pagi hari dan malam hari sbelum tdr. Yg jd pertanyaan kl malam hari sebelum olesin salepnya lg penderita wasir perlu cebok dulu ga?atau langsung timpa aj sama salep yg bekas tadi pagi.

Kemudian nih y, gimana sih ngatasin sakit perut boongan ini. Bulak balik ke wc tapi ga mau kluar pupnya. Yg ada cuman angin doang. Sebel deh. Pdhl pagi hari pupnya ud kluar, meski dikit.
104.
104 A1 Maret 19, 2009 pukul 11:17 am

satu lagi cak. Cara duduk yg baik utk penderita wasir bagaimana sih(kl ada gambarnya sih lbh enak,hehehe tp kl ga ad juga ga pa2 kok) Habis menderita bgt, sy sejak kena ga pernh duduk. D depan kompi pun sampe berlutut dengn dengkul kaki dialasin guling. Sekarang rasanya sakit nih dengkulnya. Sx lagi trima kasih cak.
105.
105 cakmoki Maret 20, 2009 pukul 2:06 pm

@ A1:
Ngolesinya harus cebok dulu … hehehe.
Tentang cara duduk.
Kalo di wc sebaiknya pake kloset duduk, soalnya kalo yang jonkok cenderung meningkatkan tekanan intra-abdomen. Selain itu gak usah lama-lama duduknya, gak perlu disambi baca koran, novel ato nyanyi sampe berlama-lama.
Sedangkan duduk yang lain, akan serba salah ketima masih merasa nyeri. kalo pas dalam keadaan sehat sebaiknya duduk dengan posisi tegak agar tidak meningkatkan tekanan dalam rongga perut.
Untuk mengatasi kesulitan BAB, silahkan lihat Tips. Kalopun masih sulit, mau gak mau pake pancahar, misalnya dulcolax.
Trims
106.
106 r2iv Maret 20, 2009 pukul 6:26 pm

cak mw tanya lagi nih,, apakah jika terus mengkonsumsi obat-obatan yg telah disebutkan diatas bisa menyebabkan ketergantungan??oh iya satu lagi,, apakah obat2 tsb pengaruhnya hanya mengurangi rasa sakit atau bisa juga menyembuhkan ??
trims
107.
107 cakmoki Maret 21, 2009 pukul 12:40 pm

@ r2iv:
obat-obat di atas tidak menyebabkan ketergantungan, lagipula makenya saat diperlukan aja.
Semua obat tersebut tidak bisa menyembuhkan. Pereda nyeri hanya untuk ngurangi nyeri, sedangkan anti hemoroid untuk mencegah agar tidak bertambah besar. Gak papa, penyakit ini gak bahaya. Mengganggu sih jelas iya😀
Trims
108.
108 wasirbrengsek Maret 25, 2009 pukul 5:35 pm

pak, sakit tenaannn…mending sakit ati daripada kena wasir…apa aja obatnya pak…ampun ya Tuhan….
109.
109 cakmoki Maret 26, 2009 pukul 11:15 pm

@ wasirbrengsek:
Obatnya: Ultraproct, Anusol, Borraginol, dll. (dimasukkan anus)
Sedangkan untuk meredakan nyeri, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg diminum 3×1 sesudah makan.
Trims
110.
110 bog2 April 28, 2009 pukul 11:17 am

saya umur 21, kna ambeien uda 4hari blon sembuh, klo BAB smp berdarah2. perih dan nyeri,menggangu sekali,apalagi saya pelajar,dkampus harus duduk berjam2. blakangan ini susah sekali kalau BAB, seperti mau BAB tp g mau keluar, perih nyeri, smp saya takut berdarah2 lg. bengkak nya g besar sih, tp sakit sekali. apa yang harus saya lakukan? apa perlu smp “ngeden”?

kmrn ke apotik,beli obat nama nya “LANAVEN”. apa obat itu bagus ya cak? itu obat untuk nyeri atau untuk bengkaknya atau untuk mengurangi pendarahan nya? apa perlu diberikan obat tambahan seperti salep atau lain2?

thanks..
111.
111 cakmoki April 28, 2009 pukul 11:22 pm

@ bog2:
Jangan sampe “ngeden”, karena dengan “ngeden” justru akan menambah sakit dan memerbesar ambeien.
Untuk mencegah agar wasir gamk tambah membesar, silahkan baca Tips Mengatasi wasir pada artikel di atas.

Lanaven dapat digunakan, fungsinya untuk ngecilin wasir.
Tentu boleh menggunakan obat lain, misalnya Ultraproct salep.

Untuk ngurangi Nyeri dan pembengkakan, dapat digunakan pereda nyeri misalnya: asam mefenamat 500 mg (Ponstelax, Opistan, Mefentan, dll *pilih salah satu*), diminum 3×1 sesudah makan.
Thanks
112.
112 myreflux Mei 5, 2009 pukul 4:07 pm

terima kasih atas tips dan infonya
113.
113 cakmoki Mei 6, 2009 pukul 5:57 pm

@ myreflux:
sama-sama
114.
114 Foni Mei 15, 2009 pukul 12:20 pm

cak saya kalo saya pas BAB yg agak keras saluran dubur di dalam koq rasanya gatel/panas gt. terasanya cuma pas mo ngeluarin kotorannya, setelah keluar kadang menyisakan sedikit tp ga lama hilang. tp cak klo BAB nya ga keras ga kenapa2 cak. itu apa berarti saya menderita wasir internal cak? saya belum ke dokter cak. soalnya saya masih ragu apa saya menderita wasir atau ga. oya cak BAB saya tidak berdarah dan tidak ada tonjolan apa2 di dubur.obat yang cocok buat saya apa ya cak?
115.
115 cakmoki Mei 16, 2009 pukul 2:19 pm

@ Foni:
Belum tentu wasir. Bisa aja hanya iritasi atau mungkin wasir internal yg kecil banget. Kalo ingin memastikannya, sebaiknya ke dokter. Menurut saya sig gak perlu.
Kalo hanya panas/gatal saat BAB keras, gak perlu obat. Tapi kalo mengganggu, dapt juga dikasih obat antihemoroid bentuk salep, misalnya Ultraproct salep.
Trims🙂
116.
116 wira Juni 15, 2009 pukul 4:19 pm

cak, mau nanya nih,,
saya klw bab suka berdarah, uda skitar 1 minggu tapi gak terasa nyeri. trus sama dokter di beri obat “kalnex” katanya buat menghentikan darah. tapi obat uda habis kok gak berenti jg pendarahannya. obat apa yang harus saya pake? biar gak berdarah lagi.
trims…
117.
117 nothing Juni 15, 2009 pukul 10:57 pm

apa aja sih yang dapet di lakukan jika kita kena wasir?
118.
118 cakmoki Juni 16, 2009 pukul 4:28 pm

@ wira:
udah bener pake kalnex, minumnya minimal sekitar 5-7 hari dan bisa dilanjutkan kalo masih berdarah.
Selain itu perlu obat wasir, misalnya Ultraproct supp (dimasukkan ke dubur) 2×1 selama 3-5 hari.
Trims

@ nothing:
Silahkan baca Tips pada artikel di atas🙂
119.
119 daxe Juli 27, 2009 pukul 11:21 am

Dok, saya juga mau tanya seputar sembelit nih, ga tau kenapa kok nih penyakit susah banget dihindari…
selama 4 hari ini, udah makan pepaya 4 buah, (udah too much deh), minum air juga udah ditambah, belum lagi tiap pagi ditambah minuman probiotik yogurt,

kenapa kok gak ada rasa mau BAB, kalopun ada, yg keluar keras banget, n harus ngejan… kalau minum yogurt nya 2 botol sekaligus, baru ada rasa mo BAB, itu pun masi keras biar udah makan pepaya dkk

Apa ususnya luka ya ? n kenapa bisa terjadi, padahal udah tiap 2-3 jam sekali saya minum/makan jus pepaya… apa perlu pencahar ? Hal sembelit ini mulai parah ketika saya mencoba konsumsi fiber sayuran dari M*LILEA, abis itu susah banget BAB nya, pdhl kan serat gitu…
Kalo mo ke dokter, kira2 perlu ke dokter mana yah,

Terima kasih.
120.
120 cakmoki Juli 28, 2009 pukul 3:56 pm

@ daxe:
Tindakan yg udah dilakukan udah benar.
Namun adakalanya sembelit gak cukup diatasi dengan mengkonsumsi sayur, buah dan air karena berbagai hal.
Bukan karena usus luka.
Jika upaya di atas belum berhasil, dapat menggunakan pancahar, misalnya: dulcolax, dan sejenisnya.
Kalo mau ke dokter, menurut saya ke dokter umum atau internis.
Sekilas tentang sembelit, silahkan baca artikel sebelumnya pada link berikut:
Sembelit
Trims
121.
121 lila Agustus 2, 2009 pukul 1:04 am

cak,

numpang tanya, saya punya tonjolan di anus, dulunya sih kecil, sekarang lagi hamil 8 bln tambah besar dan kadang2 gatal tapi nggak perih ataupun berdarah, apa ini wasir? sekarang setiap kali habis BAB saya selalu mencuci dengan sabun. dokter kandungan saya meresepkan ultraproct N yang dimasukkan di dubur, tapi dia belum melihat sendiri ‘model’ tonjolan di anus itu. apa tonjolan ini bisa kempes atau hilang? apa harus dioperasi? besarnya kira2 1 cm. suami belum saya kasih tahu, malu soalnya😦

tq, lila
122.
122 cakmoki Agustus 2, 2009 pukul 2:10 am

@ lila:
ya, kemungkinan besar wasir …. sebesar apapun, wasir tidak berbahaya.
Silahkan baca lagi pada artikel di alinea pertama:
…Khalayak pada umumnya sudah sangat mengenal wasir atau Hemoroid (haemorrhoids). Meski tergolong penyakit tidak berbahaya, wasir tak urung membuat resah bagi yang mengalaminya. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus)…

Gak perlu operasi. Cukup dengan menggunakan ultraproct-N sesuai anjuran dokter kandungan.
Trims
123.
123 nn Agustus 6, 2009 pukul 9:27 am

saya belum lama ini baru menyadari terkena wasir, 2 hari lalu waktu bab keluar darah.
berhubung dengan hal itu, masih bolehkah saya olahraga angkat beban, kebetulan saya hobby fitness
kemudian kalo pakai ambeven, yang benar diminum apa dimasukkan anus?
terima kasih
124.
124 cakmoki Agustus 7, 2009 pukul 12:05 am

@ nn:
Ambeven cap diminum 3×2 sehari.
Trims
125.
125 General Manager Agustus 21, 2009 pukul 12:15 am

saya selaku GM blog ini mohon maaf karena thread di blog ini bsaya closed karena tidak sesuai/menyimpang dari maksud saya membuat blog ini. harap maklum dan terimakasih
126.
126 General Manager Agustus 21, 2009 pukul 12:32 am

maaf kepada semua penggemar blog ini karena saya telah keliru berbicara jadi saya buka kembali thread di blog ini. terimakasih
127.
127 General Manager Agustus 21, 2009 pukul 12:41 am

kepada yang mempunyai blog ini saya mohon maaf sebesar-besar nya karena saya telah berkata yang tidak-tidak di blog anda karena saya kira ini blog tentang makanan, tiba-tiba saya melihat ada bahasan mengenai penyakit sehingga secara spontan saya iseng komentar seperti di atas. terimakasih.
128.
128 cakmoki Agustus 21, 2009 pukul 2:14 am

@ General Manager:
Gak masalah🙂
129.
129 nn Agustus 23, 2009 pukul 10:38 am

belum lama saya ada medical check up.
saya sampaikan keluhan saya tentang wasir

kemudian dokter tersebut berkata masih ringan tapi mereferensikan ke dokter bedah.

perlukah saya periksa ke dokter bedah?
kalo iya, kira2 berapa (mohon maaf) biaya konsultasinya?

terima kasih

@ nn:
Menurut saya gak perlu ke dokter bedah kecuali pingin operasi.
Biaya periksa ke spesialis bedah (atau lainnya) bergantung pada masing-2 daerah dan masing-2 dokter. Tapi tak akan jauh dari kisaran 100.000 s/d 150.000.
Trims
130.
130 cakmoki Agustus 23, 2009 pukul 2:53 pm

@ nn:
Menurut saya gak perlu ke dokter bedah kecuali pingin operasi.
Biaya periksa ke spesialis bedah (atau lainnya) bergantung pada masing-2 daerah dan masing-2 dokter. Tapi tak akan jauh dari kisaran 100.000 s/d 150.000.
Trims
131.
131 Arya September 14, 2009 pukul 11:04 pm

Dok, saya pernah baca di millis klo wasir diobatin dgn obat diosmin hesperidin.

Obat apaan itu? apakah benar bisa menyembuhkan wasir, bentuk obat utk diminum atau berupa salep?

trm kasih
132.
132 cakmoki September 15, 2009 pukul 10:59 pm

@ Arya:
Obat wasir banyak jenisnya, termasuk yg disebutkan di atas. Wasir emang bisa dikendalikan tapi tidak menghilangkan sama sekali. Suatau saat akan mengalami keluhan terutama jika bekerja berat, kecapekan, perjalanan jauh, banyak duduk, dll.
Demikian pula pilihan bentuk obat, bisa memilih yg diminum maupun yg salep, supposutoria, dll.
Trims
133.
133 tomy September 23, 2009 pukul 3:07 pm

dok, saya mau bertanaya.
saya semenjak SMA sudah BAB dengan pendarahan tetapi tidak berlangsung terus menerus dan hanya kadang – kadang saja.
saat ini saya berumur 20 tahun dan hal itu belum kunjung senbuh, saya sudah meminum obat seperti ambeven dsb tapi hal itu terus terjadi, saya sentuh dubur saya tidak ada tonjolan tapi sewaku duduk terasa tidak enak di dubur saya dan saat BAB terkadang terasa nyeri dan terkadang berdarah.
bagaimana penanggulangannya dok?
apabila minum obat selain ambeven apa saja nama obat lainya?
mohon jawabanya.
terimakasih banyak
134.
134 maria September 23, 2009 pukul 8:22 pm

Dok saya ikutan nanya nih… Bab saya memang belakangan ini jarang dan keras. Klo bab aduhhhh tersiksa. 3 bln ini saya mengkomsumsi suplemen Nuris skin utk kulit yg banyak mengandung vit E dan susu kalsium Anlene. Katanya gara2 saya mengkonsumsi itu makanya jadi keras babnya. Bisakah saya mengkomsumsi obat pecahar tp tetap juga mengkonsumsi suplemen dan susu kalsiumnya? Mohon penjelasannya… Trims n Gbu.
135.
135 nanang September 24, 2009 pukul 11:23 am

dok saya sudah terkena wasir sekitar satu tahun dok .yang mau saya tanyakan kenapa nyeri yang saya alami di maaf ( sekitar pantat dan dubur ) baru terasa kira -kira setelah 2 – 3 jam nyeri itu baru kerasa dok padahal ketika habis BAB tidak sakit sama sekali , tapi memang saya aga mengejan ketia BAB dok , apakah itu gejala yang wajar dok, trus saya harus bagaimana ..thnk’s
136.
136 cakmoki September 24, 2009 pukul 1:29 pm

@ tomy:
Udah bener pake ambeven. Yang lain sama aja. Hanya saja emang bisa kambuh kalo tekanan rongga perut meningkat, misalnya angkat berat, kelelahan, BAB kera, terlalu lama duduk di WC, dll.
P

Leave a Reply

